PENERAPAN IOT (INTERNET OF THING) UNTUK MONITORING ONLINE PENGGUNAAN AIR PDAM PRABAYAR

  • Farhandi Ardi Wibowo Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Yosep Agus Pranoto Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Renaldi Primaswara Prasetya Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: NodeMCU, Arduino, IOT (Internet Of Things), Rancang Bangun Air Prabayar.

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19, masyarakat di imbau oleh pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan, dan kegiatan-kegiatan masyarakat di luar rumah, perlu adanya inovasi yang dapat di rangkai untuk dapat membantu pegawai pencatatan air agar tidak datang ke rumah pelanggan, seperti inovasi sistem air prabayar maupun sistem monitoring yang lebih memudahkan maupun berbantuan teknologi.

Penelitian ini berbasis Internet of things atau IOT adalah satu konsep di mana objek tertentu memiliki kemampuan untuk mengirim data melalui internet tanpa adanya interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. IOT merupakan salah satu teknologi yang erat hubunganya dengan revolusi industry 4.0 ini seperti kesehatan, rumah, pertanian dan industri lainnya. Dengan adanya IOT, kegiatan manusia seperti proses pengukuran meter air dapat di rangkai secara otomatis dengan perubahan data analog pada meteran air di rangkai menjadi data digital.

Hasil penelitian rancang bangun sistem monitoring pulsa air prabayar berbasis IoT (Internet of Things) yaitu berupa produk alat dengan website yang saling terkoneksi sehingga pegawai tidak perlu datang ke rumah pelanggan untuk mencatat. Produk ini mempunyai fitur otomatis menutup keran air ketika pulsa habis, dan otomatis membuka kembali apabila pelanggan sudah mengisi pulsa melaui website, untuk notifikasi apabila pulsa akan habis maka buzzer akan menyala dan dapat di monitoring melalui website admin dan user. Berdasarkan penelitian ini dapat di harapkan membantu masyarakat dan pegawai dalam pembayaran air dan tidak ada kecurigaan pelanggan akan tagihan air.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-27