PERBANDINGAN ALGORITMA C4.5 DAN DANIVE BAYES UNTUK MENENTUKAN KARYAWAN BERPRESTASI

  • Kevin Merico Setiawan Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Febriana Santi Wahyuni
  • Ahmad Faisol
Keywords: Karyawan, Algoritma C4.5, Naive Bayes, Confution Matrix

Abstract

Karyawan merupakan salah satu aset terpenting sebuah perusahaan dalam usahanya menjalankan roda bisnisnya yang semakin kompetitif. Salah satu upaya dalam meningkatkan kualiatas sumber daya manusia banyak jalan untuk perusahaan melakukannya, termasuk memberikan bonus bulanan seperti CV. Mitra Jaya Bersama Malang. Namun pemberian bonus tersebut masih menggunakan cara secara konvensional sehingga sangat memakan waktu terutama apabila karena hanya manager yang akan menghitung tersebut. Namun juga penentuan bonus tersebut juga terkadang dapat meleset karena satu dua kendala seperti kedekatan dengan manager atau yang lain.

Algoritma yang digunakan untuk membentuk pohon keputusan. Sebuah pohon keputusan merupakan struktur yang digunakan sebagai himpunan-himpunan data yang lebih kecil. Algoritma Naive Bayes Naive Bayes merupakan sebuah pengklasifikasian probabilistik sederhana yang menghitung sekumpulan probabilitas dengan menjumlahkan frekuensi dan kombinasi nilai dari dataset yang diberikan. Dari kedua algoritma tersebut akan dicari nilai yang terbaik dengan menggunakan Confution Matrix untuk mencari informasi perbandingan hasil klasifikasi yang dilakukan oleh allgoritma atau model.

Berdasarkan data absen, lembur dan target karyawan CV. Mitra Jaya Bersama Malang pada bulan Juni hingga November dapat ditarik kesimpulan bahawa kedua metode tersebut memiliki kinerja yang berbeda sesuai dengan data dan nilai pada setiap datanya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-28