RANCANG BANGUN ALAT PEMBUKA DAN PENUTUP TONG SAMPAH OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR JARAK BERBASIS ARDUINO

  • Stevania Bere Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Ali Mahmudi Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Agung Panji Sasmito Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Media interaktif, Adobe flash, Media Pembelajaran Matematika

Abstract

Kebersihan lingkungan adalah salah satu kegiatan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman dan indah saat dipandang. Saat ini kesadaran akan kebersihan lingkungan sedang kurang optimal, buktinya masih banyak orang yang membuang sampah sembarangan, tempat sampah yang telah disediakan belum digunakan dengan baik. Masih ada masyarakat yang  membuang sampah sembarangan karena takut kotor saat menyentuh tutup kotak sampah dan saat menginjak bagian kotak sampah untuk membuka tong sampah. Hal tersebut kurang praktis dan efisiensi untuk mewujudkan lingkungan yang bersih.

Ada inovasi baru agar membuat kotak sampah lebih praktis namun tetap aman. Dengan memanfaatkan teknologi modern yaitu dengan membuat pembuka dan penutup kotak sampah otomatis dengan pengendalian otomatis dengan sensor jarak (ultrasonic), pengontrol untuk mengatur motor servo yang berfungsi untuk membuka dan menutup kotak sampah.

Berdasarkan hasil perancangan dan pengujian sistem kepada 10 responden, maka dapat mengambil kesimpulan dari alat yang dibuat yaitu alat  yang dirancang dapat bekerja dengan baik dalam menangani proses sistem membuka dan menutup tong sampah secara otomatis dengan jarak respon jika seorang melewati kotak sampah <= 30cm maka tutup kotak sampah akan terbuka otomatis, dan delay selama 5 detik. Dapat mengirimkan notifikasi pesan telegram dengan baik saat buzzer memberikan alarm jika kotak sampah sudah penuh.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-28