RANCANG BANGUN DAN PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME “COWBOYS FROM NOWHERE”

  • Akhmad Jawasiq Alfanur Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: game adventure, Cowboys From Nowhere, finite state machine, Unity3D

Abstract

Game merupakan salah satu hiburan yang sangat digemari oleh semua kalangan baik dari anak-anak hingga orang
dewasa. Game dikembangkan dalam berbagai jenis salah satu yang paling populer adalah permainan petualangan, dimana
permainan petualangan memiliki jalan cerita yang bermacam-macam, dan juga pada permainan petualangan selalu
membuat para pemainnya penasaran akan akhir cerita dari game petualangan tersebut. Game adventure Cowboys Form
Nowhere merupakan permainan petualangan dimana pemain akan menjalankan karakter cowboy yang harus
menyelamatkan bumi dari kehancuran yang ingin dikuasai oleh alien jahat dan juga para pengikutnya.
Dalam game ini menggunakan game engine Unity3D, dengan menerapkan kecerdasan buatan FSM (Finite State
Machine). FSM (Finite State Machine) digunakan pada karakter NPC (Non Playable Character) yaitu karakter yang
digerakan oleh kecerdasan buatan yang digunakan untuk mendukung game tersebut. Seperti karakter Enemy dan Boss
yang menggunakan tiga hal yaitu : Keadaan, Kejadian, dan Aksi.
Dari pengujian yang telah dilakukan hasil dari kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) pada game Adventure
“Cowboys From Nowhere” ini karakter NPC (Non Playable Character) dapat mendeteksi keberadaan player untuk
menentukan aksi serangan dari musuh tanpa melibatkan pengguna game, dari hasil pengujian yang dilakukan pada 10
orang yang berbeda maka mendapatkan hasil sebagai berikut, 2 orang menyatakan cukup, 6 orang menyatakan baik, 2
orang menyatakan baik sekali..

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-03