PENGEMBANGAN GAME “THE LAST SAMURAI” DENGAN MENGGUNAKAN METODE FSM DAN FUZZY LOGIC MAMDANI

  • Ari Lieanto Lie Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Finite State Machine, Fuzzy, NPC, game Adventure, kecerdasan buatan, Unity 3D, Fuzzy Logic Mamdani.

Abstract

Salah satu jenis game yang digemari oleh masyarakat saat ini adalah game ber-genre Adventure, jenis
game ini memiliki alur cerita dalam permainannya. Perangkat lunak yang digunakan dalam pembuatan
permainan ini adalah Adobe Illustrator CS6, beserta Unity 3D v5.3.2 sebagai perancangan dari game yang
dibuat. Unity 3D dapat digunakan untuk membuat atau mengembangkan sebuah game dan nantinya dapat
dijalankan pada perangkat komputer, ponsel pintar, ataupun console. Sedangkan Adobe Illustrator CS6
merupkan perangkat lunak yang dipergunakan untuk membuat animasi 3D. Dengan Adobe Illustrator CS6,
permainan yang dibuat dapat dilengkapi dengan beberapa macam visual karakter 3D, audio, interaktif animasi,
dan lain-lain. Kebutuhan sistem yang diperlukan untuk menjalankan permainan ini adalah sistem operasi
Windows 10, Adobe Illustrator CS6 yang sudah terpasang pada laptop/komputer pengguna.
Game ini juga memanfaatkan kecerdasan buatan dengan mendesain finite state machine pada musuh biasa,
sedangkan untuk bos menggunakan fuzzy logic mamdani. NPC bertugas untuk “patrol”, “mendekat”,
“memukul” dan “menembak” dari pemain. Perancangan gerak NPC menggunakan Finite State Machine dan
logika Fuzzy Mamdani digunakan untuk menentukan respon NPC terhadap kondisi tertentu. Dengan
membandingkan perhitungan manual dan perilaku yang dihasilkan pada game, dan menggunakan nilai masukan
variable healthpoint musuh dan jarak NPC terhadap pemain yang bervariatif menunjukan hasil yang sama atau
berjalan sesuai rancangan.
Dari pengujian yang telah dilakukan, hasil dari kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) pada game
adventure “The Last Samurai” ini. Karakter NPC (Non Playable Character) dapat mendeteksi keberadaan
player untuk menentukan aksi dari musuh tanpa melibatkan pengguna game, dari hasil pengujian, presentase
yang dicapai yakitu 100 % berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-03