PENERAPAN METODE K MEANS PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNTUK PENGELOMPOKKAN SISWA BERPRESTASI DI UPT SMA NEGERI 3 KOTA PASURUAN BERBASIS WEB

  • Yudono Prayoga Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Ali Mahmudi Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Hani Zulfia Zahro' Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Kompetensi Dasar, K-Means Clustering, berprestasi, kurang berprestasi, tidak berprestasi

Abstract

Pada dunia Pendidikan dituntut untuk memiliki kemampuan bersaing dengan memanfaatkan sumber daya yang sudah ada. Selain sumberdaya sarana, prasarana, dan juga manusia, sumber sistem informasi merupakan salah satu sumber daya yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan bersaing. Dikutip pada penelitian sebelumnya, Fitri Larasati Sibuea dan Andy Sapta tentang Pemetaan Siswa Berprestasi menggunakan Metode K Means Clustering, memiliki tujuan untuk memetakan siswa berprestasi. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu penerapan metode K Means clustering pada Sistem Informasi Akademik SMA 3 Pasuruan untuk pengelompokkan siswa berprestasi.

Metode K Means merupakan metode yang bertujuan untuk pengelompokkan yang berada di sekumpulan data yang diwakili oleh variabel K, dimana vareiabel K merupakan jumlah cluster yang akan ditentukan. Pada penelitian ini menggunakan 3 cluster yaitu siswa berprestasi, kurang berprestasi, dan tidak berprestasi.

Pada pengujian metode penelitian ini mendapatkan bahwa terdapat perbedaan antara perhitungan manual menggunakan software excell dengan perhitungan sistem sebesar 89% sesuai serta 11% tidak sesuai dengan kinerja sistem, dimana untuk pengujian browser yaitu pada Google Chrome 91.0.472.106 (official Build) (64), untuk Microsoft Edge 91.0.864.54 (Official Build) (64), dan Mozilla Firefox 89 dapat bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Untuk pengujian pengguna sistem yang telah dilakukan dapat disimpulkan 25 orang yang terdapat pada kuisioner 84% memilih setuju, 12% memilih kurang setuju, 4% memilih tidak setuju.

Untuk kedepannya diharapkan aplikasi ini dapat digunakan di mobile sehingga dapat dipantau kapan saja dan dapat digunakan secara fleksible dimana dapat mengikuti cara penilaian yang baru serta dapat menampilkan bentuk diagram sebagai visualisasi data dari hasil pengujian yang telah dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-25