PENERAPAN METODE FUZZY UNTUK SMART FARMING HAMSTER BERBASIS IOT

  • Budi Garinanto Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Suryo Adi Wibowo Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Deddy Rudhistiar Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Internet of Things, Arduino Uno, Website, Hamster

Abstract

Tak sedikit orang yang memiliki hobi untuk memelihara binatang yang mungil dan imut tersebut untuk mengisi waktu luang maupun untuk kepuasan sendiri. Dalam memelihara hamster ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu antara lain ketersediaan pakan untuk si hamster, ketersediaan air untuk si hamster, kondisi suhu dan kelembaban yang ada pada kandang hamster harus dijaga sesuai keadaan normal hamster. Untuk suhu normal hamster berapa pada 17 hingga 23 derajat celcius dan untuk kelembabannya 40% hingga 70% yang terkadang hal – hal tersebut sering kali terlalaikan oleh sang pemiliki hamster tersebut.

Oleh karena itu melalui penelitian ini penulis bermaksud membuat alat monitoring yang dapat membantu pemilik hewan peliharaan hamster yang memang hobi untuk memeliharanya maupun yang hanya sedang ingin memelihara dalam memantau kondisi kandang hamster agar dapat menjaga kondisi hamster tetap pada keadaan yang baik walaupun ketika sang pemiliki binatang peliharaan hamster melakukan aktivitasnya kembali.

Setelah dilakukan pengujian pada perangkat keras maupun lunak pada program yang telah dibuat menunjukkan bahwa website dapat bekerja dengan baik pada browser berikut Chrome versi 91.0.4472.106, Microsoft Edge versi 91.0.864.54 dan Mozilla Firefox versi 89. Nilai – nilai dari sensor dapat ditampilkan kembali pada halaman website. Dengan pengujian hardware didapatkan bahwa  dapat membaca sensor dapat membaca nilai jarak antar sensor dengan pakan dengan persetase akurat hingga 94.93%, berdasarkan pengujian sensor dht, sensor dht dapat bekerja dengan tingkat keakuratan rata – rata 96.84% dalam membaca nilai suhu dan 78.06% untuk nilai kelembaban. Adapun pengujian untuk sensor water level yang menunjukkan bahwa tingkat akurat sensor water level adalah 39.43%

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-24