RANCANG BANGUN GAME “WAR OF ALIENS WANOKUNI” MENERAPKAN METODE FSM (FINITE STATE MACHINE)

  • Hyan Bening Abimanyu Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Sentot Achmadi Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Ariwibisono Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Finite State Machine, Unity, Game, Destop,2D

Abstract

Belajar dirumah sekarang digalakkan oleh pemerintah untuk menghetikan penyebaran covid 19 di Indonesia. Banyak kalangan dari anak- anak sampai usia dewasa menghibur diri dengan memainkan media hiburan seperti  game atau dengan menonton flim. Media game disini terbagi dari beberapa Platform seperti mobile dan dekstop. Game juga untuk mengasah kesehatan tubuh seperti meningkatkan fokus, mengurangi depresi, melatih kesabaran.

Game “War Of Aliens Wanokuni pada penetian ini adalah game dengan genre game pc / dekstop, yang dirancang dengan game engine Unity 2019 dan untuk perancangan asset-asset menggunkan Adobe Illustrator maupun Adobe Photoshop. Dengan menerapkan metode Finite State Machine (FSM) sebagai tingkah laku atau kecerdasan buatan yang ada pada karakter musuh maupun karakter utama.  Yang dimana metode Finite State Machine mempunya  3 hal yaitu keadaan, kejadian, action. Untuk penerapan di player (NPC) Non-playable character.

Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, peneliti menggunakan 11 responden. Didapat hasil bahwa perilaku (NPC) Non-playable character berjalan dengan baik berdasarkan perpindahan seperti diam(Idle), menyerang (attack), maupun mati(die). Dan responden menyatakan kontrol pemain ini berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-21