ANALISIS PERBANDINGAN METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING DAN TREND PARABOLIK UNTUK PREDIKSI PENJUALAN KOPI (STUDI KASUS PADA TODAY COFFEE)

  • Dwi Bastomi Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Karina Auliasari Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Hani Zulfia Zahro’ Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Prediksi Penjualan, Single Exponential Smoothing, Trend Parabolic

Abstract

Didalam dunia bisnis dan usaha mengharuskan perusahan untuk merancang berbagai macam strategi usaha untuk dapat bertahan. Peramalan atau prediksi inilah yang digunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan terutama dalam sektor bisnis dan ekonomi, dimana kerugian suatu perusahaan dapat diminimalisir sebisa mungkin dan keuntungan dapat diraih semaksimal mungkin. Maka dari itu diperlukan suatu perhitungan untuk memprediksi setiap periodenya. Dalam hal ini diterapkan analisis perhitungan metode trend parabolic dan single exponential smoothing dengan nilai alpha 0,1, 0,3, 0,5, 0,7 dan 0,9.

Untuk menghitung prediksi penjualan kopi today coffee yang berada di Tulungagung. Kedua metode tersebut dibandingkan untuk mendapatkan nilai akurasi tertinggi (nilai kesalahan terkecil) dengan menggunakan perhitungan MAPE. Data yang digunakan sebagai prediksi adalah data penjualan kopi pada bulan juli 2020 sampai bulan maret 2021. Setelah dilakukan perhitungan didapatkan hasil prediksi menggunakan metode trend parabolic dengan nilai rata-rata MAPE di semua varian rasa sebesar 37,23% dan pada metode single exponential smoothing mendapatkan nilai rata-rata MAPE di semua varian rasa sebesar 54,37%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-21