IMPLEMENTASI METODE AHP DAN TOPSIS UNTUK PENILAIAN KARYAWAN BARU DI CV. ORIGINALITY GROUP BERBASIS WEB

  • Ruslin Samsaudin Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional MAlang
  • Yosep Agus Pranoto Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Mira Orisa Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: AHP-TOPSIS, Seleksi, Sistem Pendukung Keputusan, Karyawan

Abstract

Penilaian kinerja karyawan ialah evaluasi kinerja dari karyawan atau penilaian karyawan, keterampilan dan kemampuan, dan melihat perkembangan dari karyawan. Kegiatan ini perlu dilakukan setiap perusahaan agar bisa mengevaluasi kinerja dan untuk meningkatkan produktivitas dari karyawan. Permasalahan yang timbul dari proses penilaian adalah bagaimana menghasilkan penilaian karyawan terbaik berdasarkan kriteria yang ada dengan mengerjakan penilaiannya menggunakan beberapa metode. Maka dari itu penelitiimenggunakan  beberapa  metode dalam  penilaian,  sehingga dapat menetapkan metode  yang  cocok dengan tingkat  akurasi  yang lebih baik dalam pengambilan keputusan penilaian.

Dari kasus di atas maka penulis berkeinginan membuat suatu sistem pendukung keputusan penilaian  karyawan yang sesuai dengan kriteria yang ada. Aplikasi yang dirancang ini menggunakan metode AHP dan TOPSIS. Kelemahan dari metode TOPSIS adalah memerlukan bobot pada proses perangkingannya.. Oleh karena itu, perlu dilakukan penggabungan metode lain dengan metode AHP untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif. Kombinasi metode AHP dan TOPSIS dipilih karena metode AHP didasarkan pada keunggulan matriks pembanding dan dapat melakukan analisis konsistensi.

Hasil pengujian akurasi Dapat disimpulkan untuk metodeAAHP-TOPSIS pada penialaian karyawan dengan uji akurasi confusion matrix nilai yang sesuai terdapat 8 (TP), untuk nilai klasifikasi yang salah adalah 2 (FP), nilai dari FN adalah 0 dan untuk nilai TN yaitu 0 sehingga didapatkan nilai akurasi dari hasil perhitungan yaitu 80% Accuracy. Sedangkan untuk pengujian fungsionalitas pada aplikasi implementasi metode AHP dan TOPSIS untuk seleksi calon karyawan baru pada CV. Originality Group dapat dijalankan dengan baik pada browser web. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi dengan menggunakan 2 browser yang berbeda, semua tampilan dan fungsi aplikasi dapat berjalan 100% pada 2 browser yaitu, Microsoft Edge Version 91.0.864.54 (Official build) (64-bit) dan Google Chrome Versi 91.0.4472.114 (Build Resmi) (64 bit).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-24