IMPLEMENTASI AHP DAN SAW PADA SPK MENENTUKAN PENERIMA BANSOS SISWA SDN YANG TERKENA AKIBAT PANDEMI

  • Pratedyo Septiardo Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Ali Mahmudi Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Mira Orisa Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang

Abstract

Sekolah merupakan suatu lembaga instansi yang diberi wewenang untuk menyelenggarakan kegiatan pembelajaran, seiring pesatnya Pandemi covid-19 (corona virus Disease 19) telah mempengaruhi sistem pendidikan diseluruh dunia, yang mengarah ke penutupan sekolah dan instansi lainnya di Indonesia. Akibat dari pandemik ini mengimplemntasikan ajakan pada masyarakat umum melakukan sosial distancing, menghindari kerumunan, dan yang menimbulkan tatap muka langsung. Saat ini, pemerintah menerapkan ajakan WFH (Work From Home) dan kegiatan apapun yang menimbulkan kerumunan diganti dengan media online.

Hambatan yang lain dengan diberlakukannya dari sistem pembelajaran ini menimbulkannya hambatan tersebut dikarenakan oleh faktor dari latar belakang perekonomian menengah dan rendah yang dimiliki oleh orangtua siswa. Banyak orang tua siswa yang sangat keberatan dalam mengikuti sistem pembelajaran daring lantaran harus membeli kuota internet juga keterbatasan pemilikan handphone yang harus dimiliki dengan sistem pembelajaran daring ini.

Pada penelitian ini dibuatlah sebuah sistem yang akan menerapkan pengambilan keputusan dengan metode AHP dan SAW, yang dapat membantu Lembaga sekolah dalam menentukan siswa yang layak membutuhkan bantuan dana agar tepat sasaran dan cepat. Sehingga dapat memudahkan pihak instansi dan dapat mempersingkat waktu dalam pengolahan datanya. Kriteria-kriteria yang akan digunakan pada sistem ada 8 kriteria yaitu prestasi akademik, prestasi non akademik, pekerjaan ayah, pendapatan ayah, pekerajaan ibu, pendapatan ibu, jumlah saudara, jarak rumah ke sekolah.

Hasil pada pengujian sistem ini menggunakan metode AHP untuk proses mencari bobot kriteria-kriteria dan SAW untuk proses perangkingan data siswa, yang menghasilkan tingkat akurasi 90%. pada pengujian perhitungan metode. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat membantu instansi dalam menentukan data siswa yang layak menerima bantuan dan tidak layak meneirma bantuan dengan cepat dan akurat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-24