IMPLEMENTASI LOGIKA FUZZY PADA SISTEM MONITORING SUHU TERNAK AYAM PETELUR BERBASIS WEB

  • Cavin Yohanes Oraplean Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Joseph Dedy Irawan Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Deddy Rudhistiar Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem Monitoring, DHT11, BH1750, Logika Fuzzy, NODEMCU

Abstract

Monitoring suhu memiliki peranan penting pada ternak ayam petelur. Dengan adanya sistem monitoring, maka pemantauan suhu dan kelembaban dapat dipermudah baik dari segi waktu maupun dalam segi kinerja.

Sistem ini terdiri dari berberapa komponen seperti, DHT11 sebabai sensor suhu dan kelembaban, BH1750 sebagai sensor intensitas cahaya, kipas pendingin, pemanas dan menggunakan NODEMCU. Sistem ini menggunakan Logika Fuzzy untuk menentukan output dari kipas pendingin dan pemanas. Apabila sistem mengidentifikasi suhu diatas keadaan normal maka pendingin mati, dan apabila suhu dibawah keadaan normal maka pemanas akan mati.

Hasil yang diperoleh pada pengujian fungsional adalah sistem dapat berjalan dengan baik pada beberapa browser. Hasil yang diperoleh dengan melakukan beberapa uji coba pada sensor DHT11 tingkat akurasi sensor DHT11 ini sebesar 98.7174% dengan rata-rata error sebesar 1.2833%, dan dari 25 kali percobaan yang dilakukan pada logika fuzzy memiliki tingkat akurasi sebesar 100%. Hasil yang diperoleh dengan melakukan 10 kali percobaan pada sensor BH1750 memiliki tingkat sebesar 98.0652% dan rata-rata error sebesar 1.9348%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-24