PENERAPAN METODE GREEDY PADA GAME ADVENTURE FINDING PEARLS

  • Indra Budianingsih Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Game, Unity3D, Algoritma Greedy

Abstract

Game adalah salah satu pemanfaatan teknologi yang banyak sukai oleh berbagai kalangan yang ingin
mengisi waktu luang semata dengan bermain suatu permainan yaitu bermain suatu permainan berbasis
multimedia di computer atau handphone, namun pada saat ini teknologi telah menciptakan berbagai macam
game dengan genre yang berbeda-beda yang banyak di sukai oleh semua kalangan, seperti game petualangan
dimana pemainnya harus bisa berkemampuan berfikir yang untuk menganalisis tempat dan kejadian secara
langsung pada saat bermain game, mengamati situasi yang ada dan menyelesaikan misi. Berdasarkan pemaparan
diatas, penulis ingin mengembangkan sebuah game genre adventure yang berjudul “Penerapan Metode Greedy
Pada Game Adventure Finding Pearls.”
Dalam perancangan game Adventure Finding Pearls ini, penulis menggunakan aplikasi berupa Unity3D dengan
bahasa pemrograman yaitu C#. Penulis dalam membuat game ini menerapkan metode kecerdasan buatan Algoritma
Greedy sebagai perancangan dalam musuh pada game. Penerapan metode Greedy digunakan untuk proses alur kontrol
permainan yang terdiri dari level 1, level 2 dan level 3. Pemain harus menyelesaikan setiap level agar bisa menuju ke level
berikutnya sampai permainan selesai.
Hasil pengujian game Adventure Finding Pearls yang telah dilakukan menunjukan bahwa fungsi game mulai dari
menu utama hingga level 1, level 2 dan level 3 sudah berhasil. Metode kecerdasan buatan Algoritma Greedy dapat di
terapkan pada musuh dan menentukan aksi apa yang dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-03