PENERAPAN METODE FUZZY PADA GAME 3D “SIMPLE WAY”

  • Insan Hakiki Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Kecerdasan Buatan, Fuzzy Logic, Game Adventure, Unity 3D, Non Playable Character.

Abstract

Permainan atau yang lebih dikenal sebagai game memiliki beberapa jenis, salah satu jenis game yang
sering dimainkan oleh masyarakat yaitu game berjenis petualangan atau adventure. Game jenis petualangan
memberikan tantangan yang harus diselesaikan agar tujuan maupun kemenangan dapat diraih. Adapun beberapa
tampilan antarmuka yang disajikan oleh game berjenis adventure ini agar lebih menarik. Salah satunya yaitu
antarmuka side scrolling, dimana game akan disajikan dalam sudut pandang kamera yang dapat dilihat dari
samping.
Dalam suatu sistem game yang baik, adanya kecerdasan buatan yang mampu memberikan aksi dari Non
Playable Character ketika terjadi suatu kondisi tertentu. Logika fuzzy merupakan metode dalam kecerdasan
buatan yang digunakan untuk menangani kondisi ketidakpastian. Penelitian ini bertujuam untuk merancang
bangun game adventure yang memiliki unsur kecerdasan buatan di dalamnya.
Tahapan pengujian yang dilakukan berupa pengujian fungsional, pengujian kecerdasan buatan, dan yang
terakhir dialanjutkan dengan pengujian terhadap user. Berdasar rangkaian pengujian yang telah dilaksanakan,
dapat diketahaui bahwa dengan diterapkannya metode fuzzy pada boss enemy maka logika fuzzy mampu
membuat boss enemy sedikit sulit untuk dikalahkan. Hal ini dikarenakan boss enemy memiliki indkasi nilai
kesehatan yang diperhatikan serta kemampuan untuk mengamati jarak dengan pemain. Dengan demikian, game
yang dirancang memiliki tantangan yang lebih menarik dan memberikan ketertarikan kepada user yang
memainkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-03