PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME ADVENTURE THE GUARDIAN

  • Miftakhul Huda Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Game Adventure, Finite State Machine, Unity3D

Abstract

Game adalah salah satu permainan yang sangat digemari oleh semua kalangan, baik dari anak-anak hingga
orang dewasa. Salah satu game yang paling populer adalah permainan petualangan. Permainan ini biasanya
berupa perjalanan yang menuntut kewaspadaan untuk menyelesaikan. Di dalam game yang bergenre adventure
memiliki alur cerita. Maka dari itu penulis tertarik membuat Game Adventure “The Guardian”untuk
memberikan hiburan kepada pemain. Di dalam permainan game tentunya ada konflik yang terjadi antara player
dengan enemy yang menuntut kewaspadaan dan ketenangan dalam menyelesaikan suatu permainan game yang
bergenre adventure.
Metode yang diterapkan dalam pembuatan game adventure The Guardian ini menggunakan metode FSM
atau Finite State Machine. Dimana metode tersebut bagian dari metode kecerdasan buatan atau artificial
intelligence untuk pengambilan keputusan karakter NPC (Non Playable Character) yaitu karakter yang
digerakan oleh kecerdasan buatan tanpa melibatkan control dari pemain yang digunakan di dalam game tersebut.
Pada pengujian Game dapat berjalan pada platform Microsoft Windows dimulai dari Windows 7,
Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10. Pada pengujian implementasi metode Finite State Machine dan
fungsi game yang dilakukan langsung di software Unity3D dapat berjalan sesuai yang diharapkan oleh penulis.
Dan pada pengujian game yang dilakukan terhadap 15 user didapatkan hasil rata-rata dari 6 aspek yang
ditanyakan menjawab 55.56% baik, 40% cukup, dan 4.44% kurang. Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa mayoritas menilai game ini baik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-03