DISPLAY PRODUK DAIHATSU MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

  • Muhammad Afif Anshari Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Mobil, Augmented Reality, Android

Abstract

Media informasi dan teknologi selalu berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Banyak
perusahaan yang berlomba lomba untuk menyajikan teknologi yang semakin modern dan semakin canggih
terutama dalam bidang informasi. Salah satunya augmented reality yang merupakan bidang penelitian komputer
yang menggabungkan data komputer grafis 3D dengan dunia nyata. Augmneted reality bisa digunakan sebagai
inovasi dalam pemasaran produk perusahaan untuk mempromosikan produknya dengan lebih atraktif.
Penelitian ini akan menggunakan metode augmented reality yang bertujuan sebagai media promosi produk
agar lebih atraktif, yakni dengan menggunakan aplikasi augmented reality dengan bantuan software unity3D
sebagai alat bantu promosi yang mengubah gambar dalam bentuk 2D menjadi gambar 3D secara real-time, dan
ketika produk dimunculkan secara 3D pembeli tidak hanya melihat produk dalam gambar 3D saja, namun
pembeli juga bisa melihat video review produk yang dikeluarkan lewat pembacaan marker, pembeli juga bisa
melihat detail struktur dalam produk tersebut dan bisa juga menganti warna-warna produk yang sudah
ditentukan oleh perusahaan dan itu dilakukan bersamaan dengan penampilan produk dalam gambar 3D.
Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi display produk Daihatsu yang bertujuan untuk mempermudah
calon pembeli mobil Daihatsu dalam mengenal produk Daihatsu tanpa harus datang ke dealer dengan
menampilkan model 3D dari produk Daihatsu, hasil yang didapat dari kuisioner yang disebar pada calon
pembeli dapat disimpulkan bahwa mayoritas responden menjawab baik karena mampu memberikan informasi
dengan baik tentang produk Daihatsu kepada calon pembeli.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-03