PERANCANGAN APLIKASI ABSENSI KARYAWAN BERDASARKAN QR CODE BERBASIS ANDROID PADA PT. MANDIRI UTAMA FINANCE

  • Bayu Surachmad Teknik Informatika, Universitas Islam Balitar Blitar
  • Haris Yuana Teknik Infromatika, Universitas Islam Balitar Blitar
  • Ni'ma Kholila Teknik Infromatika, Universitas Islam Balitar Blitar

Abstract

Saat ini dirasa tidak efisien apabila masih menggunakan finger print untuk kegiatan presensi perusahaan dengan adanya pandemi Covid-19. Selain adanya Covid-19 dan penggunaan finger print, kecurangan dalam melakukan presensi masih ditemukan pada kegiatan absensi manual dengan menggunakan buku daftar hadir karyawan. Oleh karena itu, perusahaan perlu memanfaatkan kemajuan teknologi dengan menggunakan aplikasi absensi melalui qr code pada smartphone android. Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang dan menguji aplikasi absensi karyawan berdasarkan qr code berbasis android pada PT. Mandiri Utama Finance.

Metode perancangan penelitian ini berupa prototype dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi pustaka. Pada penelitian ini menggunakan code generation dalam perancangan desain aplikasi berupa location based service (LBS) dengan jenis pengujian close beta testing.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi absensi karyawan yang dirancang dapat meningkatkan kinerja karyawan terhadap perusahaan. Aplikasi ini mempermudah pengolahan data absensi karyawan secara komputerisasi yang sudah tersedia dan yang sudah terdigitalisasikan dengan smartphone yang bersifat efektif dan efesien. Dari hasil pengujian beta menunjukkan bahwa aplikasi absensi karyawan memperoleh prosentase rata-rata sebesar 76%. Berdasarkan rata-rata tersebut menunjukkan bahwa secara keseluruhan menu-menu yang ada dalam aplikasi absensi telah dinyatakan berfungsi dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-06