KLASTERISASI SISWA BERDASARKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN K-MEANS BERBASIS WEB (STUDI KASUS : TK. PRIMA INSAN SHOLEH TALUN)

  • Wiwit Agus Lestari Teknik Informatika, Universitas Islam Balitar
  • Kurnia Paranita Kartika Teknik Informatika, Universitas Islam Balitar
  • Saiful Nur Budiman Teknik Informatika, Universitas Islam Balitar

Abstract

TK Prima Insan Sholeh KecamatanTalun Kabupaten Blitar, selama ini melakukan pembentukan kelompok belajar siswa masih dilakukan secara manual yaitu hanya menggunakan intuisi atau berdasarkan urutan nama pada absensi siswa karena tidak adanya pedoman khusus dan mendetail dari pemerintah dalam hal ini padahal penentuan kelompok belajar harusnya lebih ditekankan pada karakter siswa, bukan sekedar dari rata-rata nilai. Tujuan penelitian ini yakni membuat aplikasi klasterisasi siswa berbasis web sehingga memudahkan guru dalam melakukan pembentukan kelompok belajar secara otomatis berdasarkan hasil belajar siswa. Aplikasi ini menggunakan metode K-Means dalam menganalisa hasil belajar siswa untuk menghasilkan kelompok belajar secara otomatis. Aplikasi klasterisasi dibuat menggunakan alur metode waterfall Pressman 2015 yang dituangkan kedalam framework Laravel dengan pemrograman web. Algoritma K-Means terbukti mampu melakukan klasterisasi siswa berdasarkan hasil belajar untuk pembentukan kelompok belajar dengan hasil pengujian aplikasi menggunakan Silhouette Coefficient tertinggi sebesar 0,758. Keberhasilan sistem juga dinilai dari Black Box Testing yang menghasilkan nilai rata-rata kesesuaian sebesar  95,83% untuk seluruh menu yang ada dalam aplikasi. Hasil pengujian pengguna terhadap aplikasi klasterisasi juga sangat baik dengan nilai 97,84 %.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-23