PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI PADA PERUSAHAAN SLINGBAG SALATIGA MENGGUNAKAN METODOLOGI WARD AND PEPPARD

  • Vido Rional Aprinda Program Studi Sistem Informasi S1, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Agustinus Fritz Wijaya Program Studi Sistem Informasi S1, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana

Abstract

Slingbag Salatiga merupakan perusahaan/produsen mikro kecil menengah yang bergerak pada bidang penjualan barang-barang fashion wanita terutama tas atau pakaian. Dalam menjalankan aktivitas proses bisnisnya, perusahaan Slingbag Salatiga masih menggunakan cara manual atau tradisional di beberapa bidangnya, salah satu contohnya merupakan aktivitas pencatatan keuangan perushaan. Sehingga diperlukan perencanaan strategis SI/TI yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan saat ini. Semakin baik perencanaan strategis yang dibuat maka aktivitas proses bisnis yang ada dalam perusahaan juga berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data secara  wawancara dengan pemilik perusahaan dan observasi langsung ke perusahaan Slingbag Salatiga. Metode yang digunakan dalam merancang perencanaan strategis pada penelitian ini menggunakan metode Ward and Peppard. Dimana meliputi analisis internal dan eksternal perusahaan menggunalan analisis Value Chain, analisis SWOT, dan analisis Porter Five Forces. Output yang dihasilkan merupakan rekomendasi sistem informasi yang dipetakan menggunakan McFarlan Strategic Grid dan dapat diimplemntasikan oleh perusahaan dalam tiga tahun ke depan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-30