STRATEGI SEGMENTASI PELANGGAN MANJA BEAUTY SKINCARE DENGAN MENGGUNAKAN ANALISA RFM MODEL

  • Khairi Nisa ITB Haji Agus Salim Bukittinggi, Universitas Bakrie
  • Jerry Heikal ITB Haji Agus Salim Bukittinggi, Universitas Bakrie

Abstract

Persaingan semakin ketat di bidang usaha memotivasi sebuah usaha kecil dan  menengah (UKM) untuk mengelola pelayanan terhadap konsumen tetap (pelanggan) secara maksimal .Menaikkan kesetiaan pelanggan dengan mengelompokkan pelanggan menjadi beberapa kelompok dan  menentukan taktik pemasaran yang tepat serta efektif untuk setiap kelompok. Segmentasi pelanggan dapat dilakukan melalui metode clustering. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Recency, Frequency dan  Monetary (RFM) pelanggan pada Manja Beauty Skincare. Analisis yang digunakan meliputi analisis deksriptif dimana data yang digunakan berupa data primer. Teknik pengumpulan data digunakan yaitu metode observasi (pengamatan), wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pelanggan yang memperoleh predikat terbaik, predikat cukup baik, dan predikat kurang baik. Predikat terbaik merupakan pelanggan yang wajib di pertahankan, sementara pelanggan cukup baik bisa di berikan stimulus kepada pelanggan seperti discount harga atau penawaran yang menarik lainnya kepada pelanggan yang memiliki loyal card.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-07