Perancangan Sistem Smart Church Berbasis Internet Of Things(IoT)

  • Kirene Wardaini Joas Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Suryo Adi Wibowo Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Yosep Agus Pranoto Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang

Abstract

Pada masa pandemi terpaksa jemaat harus beribadah dari rumah karena pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan protokol Kesehatan oleh karena itu tata cara ibadah cenderung bebasis online. Demi mencegah menularnya virus covid salah satunya adalah periksaan suhu tubuh serta menjaga jarak.

Berdasarkan hasil pengujian pada sensor suhu mlx90614 dengan nilai rata-rata diperoleh dari jumlah eror di bagi banyaknya data , kemudian hasil dari 10 kali percobaan untuk sensor suhu tersebut cukup akurat dengan rata – rata tingkat error sebesar 3,6%.  Pengujian pada alat pada kursi , yang dimana ESP akan menerima koneksi dari server berupa status booking dan di tampilkan ke LCD serta warna lampu LED sesuai dengan status yang diterima.

Berdasarakan hasil pengujian RFID yang mendeteksi UID dari kartu member jemaat dan menampilkan UID tersebut ke lcd, lalu data di kirim ke server untuk dicek status pembookingan. lalu server mengirim respon ke Arduino dan respon di tampilkan di lcd . Pada menu reservation  sudah tersedia link google meet.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-07