SISTEM KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN DENGAN IMPLEMENTASI CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAJEMENT) KANTOR POS KOTABUMI MENGGUNAKAN METODE UCD (USER-CENTERED DESIGN)

  • Murnia Lestari Teknik Informatika, Politeknik Pos Indonesia
  • M.Harry K.saputra Teknik Informatika, Politeknik Pos Indonesia
Keywords: Kepuasan Pelaggan,CRM,UCD,Quality Grade Descriptor

Abstract

Perusahaan logistik berlomba-lomba bersaing diera digital untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Salah satu faktor yang membuat pelanggan atau mitra berlangganan dengan perusahaan logistik adalah kepuasan dan kenyamanan yang diberikan dari perusahaan. Perusahaan dapat melakukan penilaian kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan untuk memberikan kepuasan serta kenyamanan selama menggunakan jasa yang disediakan oleh perusahaan logistik. Dalam hal ini peneliti mengambil studi kasus pada salah satu cabang perusahaan logistik yang sudah melakukan penilaian kepuasan pelanggan terhadap pelayanan namun masih dilakukan secara manual. Oleh karena itu, penulis membuat “Sistem Pengukuran Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Dengan Implementasi CRM (Customer Relationship Manajement) Menggunakan Metode UCD (User-Centered Design)”. CRM merupakan strategi bisnis yang menggabungkan proses, manusia dan teknologi yang digunakan untuk menambah pelanggan dan mempertahankan pelanggan. Sedangkan UCD merupakan sebuah metode yang perancangan yang menitikberatkan pengguna sebagai pusat dari proses pegembangan sistem. Dengan adanya sistem kepuasan pelanggan ini perusahaan dapat mengetahui penilaian, saran serta kritik dari pelanggan dengan cepat agar mampu bersaing dengan perusahaan logistik lainnya untuk memberikan pelayanan yang prima sehingga dapat memuaskan dan memberikan kenyamanan kepada pelanggan. Selain itu pelanggan juga dapat mendapatkan haknya untuk menyampaikan penilaian saran serta kritik yang tidak terbatas ruang dan waktu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-03