SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT PADA ANJING MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

  • Faustino Lalo Nusa Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Suryo Adi Wibowo Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Deddy Rudhistiar Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem Pakar, Penyakit Pada Anjing, Certainty Factor

Abstract

Infeksi pada anjing merupakan masalah yang sangat mengganggu bagi seseorang yang memelihara anjing karena dapat mengganggu kesehatan hewan tersebut. Infeksi pada anjing ini dapat menyerang dari bayi anjing hingga anjing dewasa. Minimnya informasi dari diri sendiri mengenai kesehatan anjing dan cara mengatasinya membuat penyakit ini memperlambat daya tahan anjing yang dipelihara. Oleh karena itu, diperlukan seseorang yang ahli dan paham di bidang ini.

Selanjutnya, dalam ulasan ini, kerangka kerja spesialis untuk mendiagnosis penyakit pada anjing dibuat berdasarkan informasi yang didapat dari seorang spesialis. Kerangka kerja utama yang disusun berdasarkan situs menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Strategi yang digunakan adalah teknik certainty factor, dimana strategi ini digunakan untuk menggambarkan derajat kepercayaan master terhadap suatu isu. Informasi yang  diharapkan untuk menyusun kerangka utama ini adalah informasi tentang infeksi anjing dan efek sampingnya

 

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan pada 11 responden, khususnya 10 klien dan 1 master, terlihat bahwa 34% klien sangat setuju, 44% klien setuju, 18% klien tidak setuju, dan 4% klien tidak setuju. . Terlebih lagi tes yang ditampilkan ke master menunjukkan bahwa tingkat 2 infeksi dengan 12 efek samping adalah 100 persen sedangkan kerangka master untuk mendiagnosis penyakit anjing menunjukkan tingkat 82,21888% untuk rabies dengan 7 indikasi dan 69,706% untuk skabies dengan 5 manifestasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-12