PEMBUATAN GAME ADVENTURE “THE PASTRY WORLD” DENGAN MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE

  • Wulandari Dwi Fakumala Devi Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Game, The Pastry World, FSM, NPC.

Abstract

Game merupakan salah satu produk dari teknologi informasi yang cukup digemari saat ini, game juga
merupakan bentuk aplikasi interaktif yang dapat bersifat menghibur maupun memberi efek tantangan terhadap
penggunanya. Game Adventure (Game Petualangan) merupakan permainan yang menekankan pada jalan cerita
dan kemampuan berfikir pemain dalam menganalisa tempat secara visual, memecahkan teka-teki maupun
menyimpulkan peristiwa. Selain sebagai media hiburan, game juga bisa dijadikan media pembelajaran untuk
meningkatkan pengetahuan.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah game bertema petualangan “The Pastry World”, dimana
game ini terdapat beberapa misi dan tujuan utama untuk mengenalkan pastry dengan cara melalui mengalahkan
bos level. Finite State Machine (FSM) adalah sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang
menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan hal berikut : State (Keadaan),
Event (Kejadian) dan Action (Aksi), sebagai sebuah metodologi perancangan pergerakan Non Playable
Character (NPC). Metode Finite State Machine dapat diterapkan pada nilai-nilai batas perpindahan yang pasti
dan mudah diterapkan seperti pada Enemy dan Boss pada game adventure “The Pastry World”.
Hasil yang didapatkan dari penelitian yang dilakukan menggunakan kecerdasan buatan Finite State
Machine yang diterapkan pada Non Playable Character (NPC), dimana Non Playable Character dapat
mendeteksi keberadaan player dan aksi yang akan dilakukan ketika player terdeteksi. Pada pengujian
implementasi metode FSM dilakukan langsung pada Software Unity didapatkan hasil yang sesuai. Pada
pengujian fungsionalitas dari 27 aspek didapat semua berjalan dengan baik. Dan pada pengujian yang dilakukan
terhadap 10 responden didapatkan hasil rata-rata dari 6 aspek yang ditanyakan mayoritas responden menjawab
baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-03