PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR MENGGUNAKAN AUGMENTED REALLITY BERBASIS ANDROID PADA KONSEP PANCA INDERA

  • Amdani Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknik Informatika STMIK IKMI Cirebon
  • Nining R Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknik Informatika STMIK IKMI Cirebon
  • Ade Irma Purnamasari Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknik Informatika STMIK IKMI Cirebon

Abstract

Perkembangan teknologi pada saat ini sangat pesat pada beberapa bagian seperti bagian telekomunikasi, bagian hiburan, bagian perbankan, bagian kesehatan, bagian bisnis dan tidak terkecuali dalam bagian pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, kita perlu memanfaatkan teknologi dan media pembelajaran. Penggunaan teknologi dan media dalam pembelajaran dapat menciptakan lingkungan belajar dimana siswa dapat berpartisipasi secara aktif. Media pembelajaran sebagai penghubung antara guru dan siswa, berkat media siswa tidak lagi dibatasi oleh batas-batas kelas. Augmented reality adalah teknologi modern yg bisa sebagai solusi bagi pendidik buat menyajikan pembelajaran yg informative, inovatif, menarik, & bisa menyajikan objek maya secara impian tiga dimensi pada bentuk konkret dan tersaji secara real time (saat konkret), sebagai akibatnya bisa menyajikan konsep tak berbentuk sebagai lebih konkret. Tujuan penelitian ini untuk: 1) Merancang dan membuat sebuah aplikasi Augmented Reality berbasis Android, 2) Mengetahui tentang tingkat efektivitas media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan memakai teknologi augmented reality berbasis Android pada konsep panca indera, 3) Siswa tentang pengembangan media pembelajaran IPA menggunakan  augmented reality berbasis Android Pengetahuan Teknik reaksi yang berhubungan dengan konsep panca indera. Metode pengumpulan data menggunakan lembar validasi, observasi, survey dan wawancara.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-23