SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA PADA DEALER KEMBANG JAWA MOTOR TRENGGALEK DENGAN METODE ANALYTHICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) BERBASIS WEB

  • Adinta Yuliarifin Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan (SPK), AHP (Analytic Hierarchy Process), Motor Honda.

Abstract

Sepeda motor merek Honda adalah merek sepeda motor yang paling diminati oleh masyarakat. Banyaknya
merek sepeda motor honda terkadang menjadi suatu dilema dalam pemilihannya. Maka dari itu penulis
melakukan penelitian tentang Sistem Pendukung Keputusan dalam pemilihan sepeda motor Honda. Penelitian
ini menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP).
Kriteria dalam perbandingan yang digunakan pada aplikasi ini adalah harga, kapasitas mesin, penggunaan
bahan bakar, dan model. Sistem ini dibangun berbasis web, sehingga dapat digunakan dimanapun melalui
jaringan internet untuk memudahkan para sales dari dealer dan juga pengguna.
Perhitungan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan prioritas pilihan sangat
bergantung pada pemberian bobot nilai terhadap kriteria dan sub kriteria yang ada pada tahap penilaian kriteria
dan sub kriteria yang akan menghasilkan nilai prioritas. Dengan adanya aplikasi sistem ini dapat membantu
calon pembeli untuk menentukan sepeda motor merek Honda yang diinginkan. Selain itu dengan adanya
aplikasi ini juga dapat memudahkan sales dealer untuk dapat meyakinkan pelanggan atau pembeli.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-27