EVALUASI USABILITY GOOGLE MEET PADA PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN METODE COGNITIVE WALKTHROUGH (CW) DAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS)

  • Ronald Raihan Andalas Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Informatika Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Muhamad Azrino Gustalika Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Informatika Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Abstract

Pandemi covid-19 yang terjadi di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia banyak merubah perilaku dan kebiasaan di berbagai sektor khususnya di sektor pendidikan. Sistem pembelajaran yang dahulu dilakukan secara tatap muka (luring) sekarang berubah menjadi secara virtual (daring), sehingga dibutuhkan teknologi yang dapat mewadahi para dosen dan mahasiswa agar tetap bisa belajar dari rumah masing – masing. Teknologi tersebut adalah google meet. Dalam penerapannya, pembelajaran daring dengan menggunakan google meet memiliki berbagai kendala dan permasalahan yang muncul, sehingga perlu dilakukan pengujian usability untuk melihat sejauh mana kepuasan pengguna dan mencari permasalahan yang ada pada produk tersebut. Metode yang digunakan pada pengujian ini yaitu System Usability Scale (SUS) dengan responden 30 orang dan Cognitive Walkthrough (CW) dengan 5 responden. Hasil pengujian diperoleh, berdasarkan hasil pengujian System Usability Scale (SUS) yang mengukur kepuasan atau satisfaction skor yang diperoleh yaitu sebesar 72,92, Sedangkan, berdasarkan hasil pengujian Cognitive Walkthrough (CW) diperoleh penilaian learnability sebesar 98%, error atau kesalahan sebanyak 122 kali, dan efficiency yaitu 0,18 task/second, yang berarti rata - rata setiap detik responden dapat menyelesaikan sejumlah 18% dari setiap skenario tugas yang diberikan. Dari pengujian tersebut diperoleh rekomendasi perbaikan terhadap Google Meet.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-20