PENERAPAN METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING DALAM MERAMAL PENJUALAN DI TOKO AGUNG

STUDI KASUS DI TOKO AGUNG KALANGANYAR KABUPATEN MALANG

  • Alfonsus Vito Eka Perdana Putra Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Yosep Agus Pranoto Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Suryo Adi Wibowo Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Forecasting, Peramalan, Penjualan, Single exponential smoothing

Abstract

Peramalan dijadikan untuk pertimbangan dalam bidang bisnis dan ekonomi, agar kerugian perusahaan menjadi sekecil mungkin supaya keuntungan yang di dapat maksimal. Peneliti ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi Forecastin penjualan berbasis website agar dapat memudahkan Toko Agung dalam meramalkan penjualan.

Penelitian untuk mencari solusi agar memudahkan Pemilik Toko Agung untuk Peramalan penjualan barang. Mengunakan Metode Single Exponential Smoothing. Kebutuhan data skripsi yang akan digunakan adalah data penjualan barang Toko Agung pada tahun 2019-2021.

Hasil penelitian berupa sebuah aplikasi Forecasting penjualan berbasis website. mempunyai fitur Pencataatan satuan, data barang, data penjualan dan Forecasting penjualan. Dari hasil pengujian terhadap fitur aplikasi Forecasting dapat berjalan dengan baik. Pengujian pengguna dapat memahami dalam menggunakan fitur pada aplikasi Forecasting penjualan Toko Agung berbasis website. Dari hasil penelitian disimpulkan dapat memudahkan Pemilik untuk mengolah dan meramalkan transaksi barang. Metode Single Exponential Smoothing mengunakan nilai bobot data lampau dan memberi bobot di setiap data untuk mencari beda suatu prioritas nilai data. Metode Single Exponential Smoothing digunakan untuk jangka wakru singkat umunya 1 bulan ke depan yang nilai data naik-turun didaerah Mean tanpa trend atau pola yang konsisten konsisten. Hasil akurasi dengan nilai alpha 0.1 menghasilkan MAPE 4.19 %.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-18