RANCANG BANGUN GAME EDUKASI TATA SURYA DENGAN ALGORITMA FISHER-YATES SHUFFLE

  • Kautsar Afandi Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknik, Universitas Islam Balitar
  • Haris Yuana Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknik, Universitas Islam Balitar
  • Wahyu Dwi Puspitasari Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknik, Universitas Islam Balitar

Abstract

Pada masa pandemi, anak harus belajar mandiri dengan bimbingan orang tua. Dalam pembelajaran mandiri anak juga perlu sebuah edukasi yang mudah untuk dipahami, seperti game edukasi tata surya. Untuk itu, dilakukan suatu penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan game edukasi tata surya sebagai media pembelajaran pada anak usia SMA, menguji kinerja media serta mengetahui tingkat kelayakan game edukasi ini diuji ke lapangan. Game edukasi ini dirancang untuk membantu meningkatkan antusiasme dan kreatifitas dalam belajar sistem tata surya dengan sistem bermain dan belajar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Devlopment, Serta menggunakan algoritma Fisher-Yates Shuffle sebagai sistem pengacakan jawaban pada pertanyaan. Pengujian aplikasi yang dilakukan dengan metode black box untuk mengetahui kesalahan pada tombol dan fitur yang tersedia. Penelitian ini dilakukan di lingkungan RT.02/RW.06 JL sawunggaling GG. Kyai jamal. Penelitian dilakukan pada anak anak kalangan usia SMA di desa Jurang Sembot, kelurahan Sentul, Kota Blitar, sejumlah 30 anak. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan aplikasi game edukasi tata surya ini, anak-anak dapat mudah memahami bagaimana pengetahuan sistem tata surya, serta lebih mudah dan seru dengan sistem permainan game edukasi Kesimpulan dari penelitian ini adalah sistem pembelajaran anak-anak dapat dikemas semenarik mungkin dengan sistem pembelajaran game edukasi, yang dimana akan membuat minat anak dalam belajar semakin tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-29