PERANCANGAN APLIKASI PEMBAYARAN BIAYA SEKOLAH BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE WATERFALL

  • Ulya Darotin Ulya Teknik Informatika, Universitas Islam Balitar Blitar
  • Haris Yuana Teknik Informatika, Universitas Islam Balitar Blitar
  • Wahyu Dwi Puspitasari Teknik Informatika, Universitas Islam Balitar Blitar

Abstract

Biaya sekolah atau sering disebut SPP merupakan pembayaran yang bersifat mutlak, SMKN 2 Blitar ini memiliki permasalah dalam bidang keuangan pembayaran biaya sekolah, kebutuhan akan fasilitas pembayaran biaya sekolah yang semakin berubah sesuai dengan teknologi yang sudah dihasilkan saat ini. Fasilitas akan teknologi yang dipilihpun saat ini juga sudah banyak dan sudah dapat memfasilitasi siswa untuk mengembangkan sebuah aplikasi pembayaran sendiri. peneliti juga menggunakan fitur WA (WhatsApp) yang dikirimkan langsung ke siswa maupun orangtua agar lebih efisien. Sistem Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan metode waterfall sebagai mana metode ini sering digunakan dalam pembuatan aplikasi karena mudah dalam hal pemakaian dan juga metode sistem yang digunakan untuk pengembangan perangkat lunak. Dan didalam pengujian apliakasi peneliti melakukan tiga pengujian yaitu pengujian blackbox testing, pengujian ahli dalam bidang teknologi dan pengujian penggunka yang dimasudkan untuk mendapatkan hasil yang valid. Pengujian Blackbox testing disebut juga sebagai pengujian yang memusat terhadap perangkat lunak sebuah aplikasi untuk membuat suatu program aplikasi. Hasil dari penelitian ini didapatkan dari ketiga pengujian Black box, pengujian ahli dan pengujian pengguna ditemukan hasil blackbox 70% , dari pengujian ahli 80% dan pengujian pengguna 80,5% , maka hasil tersebut dapat dikatakan dengan hasil penelitian Layak untuk menjalankan aplikasi pembayaran biaya sekolah tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-23