GAME PERTUALANGAN “The Stranded ” DENGAN METODE FINATE STATE MACHINE

  • Bayu Kresna Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: game, Adventure The Stranded, FSM

Abstract

Game sering kali dituduh memberikan pengaruh negatif terhadap anak. Faktanya, Game mempunyai fungsi
dan manfaat positif bagi anak, di antaranya, anak mengenal teknologi komputer, pelajaran untuk mengikuti
pengarahan dan aturan, latihan memecahkan masalah dan logika.Penelitian ini bertujuan membuat sebuah game
adventure yang ada edukasi di dalam nya. Adapun metodelogi yang digunakan adalah metode Finite State
Machine (FSM), yaitu sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau
prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: State (Keadaan), Event (kejadian) dan action (aksi).
Sebagai sebuah metodologi perancangan sistem control.
Metode FSM dapat diterapkan untuk nilai-nilai batas perpindahan yang pasti dan sangat mudah diterapkan
pada game Adventure “The Stranded”. Game ini merupakan sebuah game berbasis desktop genre petualangan
dengan sub-genre simulasi dan menggunakan grafis 2 dimensi. Pengembangan game ini menggunakan tools
Unity3D dan bahasa pemrograman C#(Sharp).
Dari pengujian yang telah dilakukan hasil dari kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) pada game
Adventure “The Stranded” ini karakter NPC (Non Playable Character) dapat mendeteksi keberadaan player
untuk menentukan aksi serangan dari musuh tanpa melibatkan pengguna game, dari hasil pengujian persentase
yang di capai yaitu 100 % berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-27