IMPLEMENTASI ALGORITMA BACKPROPAGATION UNTUK MEMPREDIKSI PENJUAKAN KERIPIK (STUDI KASUS : RUMAH INDUSTRI KERIPIK AGE ENAK)

  • Fitri Dewi Nurfauzia Fitri Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknilogi Informasi, Universitas Islam Balitar
  • Abdi Pandu Kusuma Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknilogi Informasi, Universitas Islam Balitar
  • Saiful Nur Budiman Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknilogi Informasi, Universitas Islam Balitar

Abstract

Rumah industri Keripik Age Enak terus bekerja untuk meningkatkan produksi keripik pisang dan singkong dalam menanggapi permintaan pasar dari pelanggan. Namun, produsen sering meremehkan volume permintaan pelanggan. Rumah industri ini berjuang dengan tantangan menghitung jumlah keripik. Akibatnya, jelas bahwa fasilitas industri ini tidak memiliki jadwal produksi yang ideal dan membutuhkan sistem peramalan permintaan keripik. Dalam proyek ini, Jaringan Syaraf Tiruan (JST) menggunakan algoritma backpropagation akan digunakan untuk meramalkan permintaan keripik pisang dan singkong. Salah satu teknik yang digunakan untuk mengatasi masalah yang rumit termasuk identifikasi, pengenalan pola, prediksi, dan topik lainnya adalah pendekatan ini. Model arsiteksur dalam algoritma backpropagation ini adalah 12 input layer, 20 hidden layer dan 1 output layer. Hasil dari penelitian ini adalah prediksi penjualan keripik singkong dan pisang pada bulan Januari 2022 sampai dengan Desember 2022 dengan akurasi menggunakan pengujian MSE dan MAPE dan hasil untuk keripik singkong 28% dan keipik pisang 21% dengan ini perhitungan algoritma backpropagation dinyatakan layak atau cukup baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-03