GAME EDUKASI MITIGASI BENCANA BANJIR MENGGUNAKAN METODE AGILE DEVELOPMENT

  • Arif Budiharjo Program Studi Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Ade Irma Purnamasari Program Studi Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Raditya Danar Dana Program Studi Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
Keywords: Banjir, Mitigasi Bencana, Agile, Usability

Abstract

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang juga disebabkan oleh faktor manusia dan alam. Anak-anak rentan menjadi korban bencana karena kemampuan dan pengetahuannya yang terbatas. Kurangnya informasi menjadi salah satu faktor minimnya pengetahuan anak-anak terkait mitigasi bencana. Selain itu, seorang guru juga menyampaikan tidak adanya bahan ajar lanjutan atau metode baru untuk penyampaian materi mitigasi bencana banjir. Dari masalah tersebut bagaimana membuat metode pembelajaran mengenai mitigasi bencana banjir. Salah satu penyampaiannya materi pembelajaran adalah dengan game edukasi. Melalui game, tidak hanya kesenangan yang didapat, melainkan juga pembelajaran. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan Agile Development dengan melalui tahap Concept Development, Design, Implementasi, dan Testing. Pengujian ini bersifat langsung dan diujikan menggunakan metode usability testing dan kuisoner. Hasil pengujian sistem dengan metode White Box dan Black Box berjalan dengan baik sesuai dengan konsep alur proses pembelajaran. Hasil pengolahan data diperoleh persentase untuk attitude toward behavior (X1) 86%, subjective norms (X2) 85%, behavioral intention (X3) 92%, behavior (Y1) 84% dari total responden yang berjumlah 30 orang. Sehingga dengan mengacu pada indikator kelayakan, game edukasi mitigasi bencana banjir dapat disimpulkan mampu meningkatkan minat belajar anak-anak terhadap pengetahuan tentang mitigasi bencana banjir.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-06