PENERAPAN DATA MINING METODE K-MEANS CLUSTERING UNTUK ANALISA PENJUALAN PADA TOKO YANA SPORT

  • Agung Nugraha Teknik Informaika, STIMIK IKMI Cirebon
  • Odi Nurdiawan Teknik Informaika, STIMIK IKMI Cirebon
  • Gifthera Dwilestari Teknik Informaika, STIMIK IKMI Cirebon
Keywords: Data Mining, Toko Olahraga, Algoritma K_means

Abstract

Saat ini proses penjualan dan pemasaran yang di lakukan oleh Yana Sport masih sudah menggunakan aplikasi E-commerce, maka dari itu dengan pemanfaata teknologi informasi berupa E-commerce dapat memberikan peningkatan penjualan produk bagi Yanaspot. Akan tetapi persaingan dalam dunia bisnis pasti ada karena yang menjual barang masih ada toko lain yang membuka usaha yang sama. Kondisi tersebut menyebabkan pemilik toko ini dituntut untuk menemukan strategi yang dapat meningkatkan penjualan dan pemasaran toko olahraga. Data penelitian ini bersumber dari data transaksi penjualan toko yang sport yang beralamat di Jl. Fatahillah No.225, Watubelah, Kec. Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45154 Model algoritma k-means bahwa operator yang digunakan yaitu retrive dipergunakan untuk memanggil data set pada penelitian ini. Kemudian clustring kmeans untuk memodelkan data set yang telah ada, serta clusterdistance performance digunakan untuk menguji hasil pengelompokan, penelitian ini menetapkan 2 kelompok yaitu laris terjual dan tidak laris terjual. Hasil Data Performance menejelaskan bahwa Cluster 0 dengan nilai 110 dikategorikan sebagai Tidak Laris Terjual sedangkan 21389 dikategorikan sebagai laris terjual. Hasil rekomendasai penelitian ini mendapatkan informasi atau pola dari penerapan algoritma k-means dengan data penjualan terdapat sebanyak 99 item barang yang laris terjual dan terdapat 23 item barang yang tidak terjual sehingga pemilik dapat melakukan strategi penjualan dan pembelian ulang berdasarkan barang yang laris terjual.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-10