SISTEM FORECASTING PENJUALAN BERAS DENGAN MENERAPKAN METODE TREND MOMENT

  • Nurlaili Indah Kusuma Wardhani Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Balitar
  • Indyah Hartami S Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Balitar
  • Wahyu Dwi Puspitasari Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Balitar
Keywords: Penjualan Beras, Forecasting, Trend Moment

Abstract

Penjualan beras yang berubah-ubah membuat Toko Sejahtera Mart sering mengalami kekurangan atau penumpukan jumlah barang yang akan dijual. Sehingga, perlu adanya sistem atau metode untuk mengatasi hal tersebut yaitu forecasting atau peramalan. Forecasting dapat dipakai untuk memprediksi jumlah kebutuhan barang yang akan datang berdasarkan pengalaman penjualan barang di masa lampau. Forecasting atau peramalan memiliki banyak metode, salah satunya yaitu Metode Trend Moment. Metode trend moment adalah sebuah metode analisis yang bisa digunakan untuk keperluan prediksi stok barang pada perusahaan, sehingga perusahaan bisa meminimalkan biaya suplai barang yang akan dijual serta barang yang akan disuplai tidak berlebihan jumlahnya. Perhitungan metode Trend Moment yang diterapkan pada peramalan berdasarkan penjualan beras 2 tahun sebelumnya. Merek beras yang digunakan dalam penelitian yaitu merek Koi, merek Lahap Lele, merek Lahap Biasa, merek Bang Toyib, dan merek Stroberri. Untuk pengujian dilakukan dengan 5 jenis beras berbeda yang menghasilkan nilai MAPE terendah. Berdasarkan hasil pengujian merek beras koi memiliki nilai MAPE sebesar 22,62%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-22