PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME WAR OF ASTRAGHOUL

  • Dwi Saputra Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Game, FSM, real-time strategy game

Abstract

Game merupakan produk dari teknologi informasi dan digital yang cukup diminati oleh semua kalangan,
game terbagi dalam bentuk 2D dan 3D. Tujuan dibuatnya game adalah sebagai media hiburan, seiring
perkembangan teknologi game dapat digunakan sebagai media pembelajaran atau edukasi. Game Real-time
strategy merupakan genre game yang memadukan strategi pertempuran dan pengumpulan sumber daya, game
dengan genre ini cenderung menekankan kemampuan berfikir pemain dalam mengambil keputusan dan
menganalisa situasi yang ada pada game.
Game War of Astraghoul pada penelitian ini adalah game dengan genre real-time strategy, dirancang
menggunakan Unity Engine 2017 dan menggunakan metode finite state machine (FSM) sebagai Artificial
Inteligence (AI) atau kecerdasan buatan yang diterapkan pada karakter player dan enemy. Finite state machine
adalah metodologi perancangan perilaku sistem yang didasari oleh tiga hal : state (keadaan), event (kejadian),
dan action (aksi). Metode finite state machine diterapkan untuk decision making atau pengambilan keputusan
pada Non-playable character pada player dan enemy.
Berdasarkan pengujian perilaku AI pada Non-playable character (NPC) dapat berjalan dengan baik
berdasarkan perpindahan setiap kondisi seperti walk (berjalan), attack (serangan normal), special attack
(serangan spesial) dan die (mati) yang dipengaruhi oleh jarak, darah, serangan dan jumlah serangan pada Non-
playable character, dimana Non-playable character dapat mendeteksi keberadaan player atau enemy.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-27