EVALUASI ARSITEKTUR JARINGAN KOMPUTER PEMERINTAH DAERAH DALAM PENYELENGGARAAN SISTEM PEMERINTAH BERBASIS EKEKTRONIK (SPBE)

  • Ahmad Sa`di Program Studi Informatika S1, Teknik Komputer D3, Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Ria Andriani Program Studi Informatika S1, Teknik Komputer D3, Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Bahrun Ghozali Program Studi Informatika S1, Teknik Komputer D3, Universitas AMIKOM Yogyakarta

Abstract

Penyelengggaraan jaringan komputer di pemerintah daerah belum memenuhi standar ketersediaan. Permasalahan yang sering dijumpai yaitu perluasan jaringan dilakukan asal terhubung, sehingga berkibat bencana. Ketika terjadi masalah pada jalur jaringan atau perangkat sehingga berdampak besar pada layanan atau aplikasi di jaringan, protokol yang mendukung redundansi juga tidak digunakan, dan beberapa gedung pemerintahan tidak terhubung ke jaringan. Kondisi tersebut belum mendukung terwujudnya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Peneliti mengusulkan, Pemerintah yang memiliki  wewenang menyediakan jaringan privat pemerintah menggunakan konsep connected, scalability, high availability, security, dan integrated. Metode yang digunakan yaitu pendekatan audit yaitu pre-audit, perform audit dan pasca-audit. Hasilnya yaitu berupa rekomendasi arsitektur jaringan intra pemerintah untuk mewujudkan sistem pemerintah berbasis elektronik yang mumpuni.

Untuk menaikkan level ke skalability, dengan menggunakan pendekatan jaringan hierarki. Kuncinya yaitu dengan memperhatikan konsep desain jaringan, kualitas dan kapabilitas perangkat di layer edge, core, distribusi dan access. Pada level handal yaitu dengan mempertimbangkan layer fisik dan layer logis. Memastikan jalur redundant dan protokol yang digunakan harus mendukung failover. Protocol yang digunakan pada layer edge, core distribusi menggunakan protorokol mendukung failover. Di tingkatan selanjutnya yaitu terintegrasi. Jaringan dapat mendukung integrasi data di pusat data dengan data di DRC

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-08