RANCANG BANGUN GAME 2D SHOOTER PLATFORMER MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE

  • Guido Mau Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Game Shooter Platformer, Finite State Machine, Unity3D

Abstract

Game merupakan salah satu hiburan yang sangat digemari oleh semua kalangan baik dari anak- anak
hingga orang dewasa. Game ini di kembangkan dalam berbagai jenis salah satu yang paling populer adalah
permainanan, di mana permainan memiliki jalan cerita yang bermacam macam, dan juga pada permainan selalu
membuat permainan penasaran akan akhir cerita game tersebut.game Shooter Platformer merupakan permainan
di mana permainan akan menjalakan karakter shooter platformer yang harus menyelamatkan bumi dari
kehancuran yang ingin di kuasai oleh musuh dan pengikutnya.
Dalam game ini menggunakan sofware Unity 3D, dengan menerapkan kecerdasan buatan FSM (Finite
State Machine). FSM di gunakan pada karakter NPC (Non playable Character) yaitu karakter yang digerakan
oleh kecerdasan buatan yang di gunakan untuk mendukung game tersebut. Seperti karakter Enemy dan Boss
yang di gunakan tiga hal yaitu : keadaan, kejadian, dan aksi.
Pada pengujian metode Finite State Machine yang di terapkan pada musuh sebgaian besar responden
menytakan bahwa fungsi dari masing-masing state telah berjalan dengan baik, artinya prosentase penilaian
berkisar 60% selain itu game ini juga dapat di gunakan sebagai game edukasi, hal tersebut dapat di buktikan
dengan pengujian terhadap user yang menyatakan 60% menyatakan bahwa game ini sudah cukup, 30%
menyatakan sudah baik, dan 10% menyatakan sangat baik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-27