IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI PENJUALAN HIJAB STUDI KASUS TOKO ONLINE MODE HIJAB

  • Fernanda Kurnia Sella Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Suryo Adi Wibowo Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Nurlaily Vendyansyah Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang

Abstract

Toko Mode Hijab adalah toko yang beroperasi dalam penjualan hijab.Selama 2 tahun dalam melayani costumer mode hijab, pertanyaan yang sering di tujukan kepada toko adalah tentang warna. Costumer merasa kesulitan dalam menentukan warna yang sesuai dengan kebutuhannya. Terkadang customer masih kebingungan dengan warna pink yang sudah di deskripsikan oleh toko sehingga costumer kembali menghungi toko untuk memastikan warna pink yang dimaksud adalah yang seperti apa. Berdasarkan permasalahan ini pemilik toko merasa tidak bisa memberikan solusi secara maksimal kepada costumer yang melakukan pembelian secara online. Dalam bidang teknologi informasi, permalahan ini dapat diselesaikan menggunakan Augmented Reality. AR (Augmented Reality) adalah teknologi yang dapat menggabungkan objek nyata dan virtual secara 3D secara realtime. Teknologi Augmented Reality ini diterapkan di aplikasi penjualan toko mode hijab yang dibangun berbasis android dengan menggunakan flutter. Metode AR yang di gunakan adalah Markerless, sehingga aplikasi dapat mendeteksi wajah tanpa menggunakan marker. Teknologi AR di deteksi oleh kamera pada smartphone android sehingga ssakan menampilkan 3D hijab, sehingga pengguna aplikasi dapat mencoba bagaimana bentuk model dan warna dari aplikasi toko mode hijab secara realtime. Teknologi Augmented Reality di rancang dengan pembuatan software Unity 3D hijab melalui blender. Sistem ini juga dibangun aplikasi admin yang dibangun berbasis website dengan menggunakan framework Laravel.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-06