PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI BIMBINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS ONLINE
Abstract
Keterampilan berbahasa inggris pada pelajar di indonesia dapat dinyatakan kurang optimal. Hal ini terjadi karena pembelajaran bahasa inggris khususnya untuk speaking kurang difokuskan, rendahnya tingkat dukungan serta rasa percaya diri pada lingkungan kelas juga membuat siswa cemas untuk mengasah keterampilan berbahasa inggrisnya. Melihat hambatan tersebut peneliti tertarik untuk membuat prototipe user interface dan user experience aplikasi bimbingan belajar bahasa inggris secara online berbasis android menggunakan metode design thinking yang dapat memberi solusi terhadap masalah tersebut. Hasil penelitian ini menghasilkan prototipe aplikasi bimbingan belajar bahasa inggris bernama Bahasabisa. Hasil pengujian prototipe menggunakan metode System Usability Scale (SUS) menunjukkan nilai rata-rata responden adalah 66,4 yang berarti termasuk dalam kategori nilai C. Responden menilai prototipe secara adjective “Ok” dan prototipe dapat diterima secara marjinal namun bersifat pasif dalam segi NPS.