PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME ADVENTURE “TRAPPED MINERS”

  • M. Firdaus Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: game, Adventure Trapped Miners, FSM

Abstract

Finite State Machine (FSM) adalah sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan
tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: State (Keadaan), Event (kejadian)
dan action (aksi). Sebagai sebuah metodologi perancangan sistem kontrol, penerapan FSM telah banyak
diterapkan pada perangkat lunak, khususnya pada game. Metode FSM dapat diterapkan untuk nilai-nilai batas
perpindahan yang pasti dan sangat cocok diterapkan pada game Adventure “Trapped Miners”. Game ini
merupakan sebuah game berbasis desktop genre petualangan dengan sub-genre simulasi dan menggunakan
grafis 2 dimensi. Pengembangan game ini menggunakan tools Unity3D dan bahasa pemrograman C#(Sharp).
Hasil dari penelitian ini adalah terealisasinya suatu game dengan menerapkan metode finite state machine untuk
menentukan respon karakter non-player character yang berbeda tergantung dari interaksi yang dilakukan oleh
pemain.
Dalam game ini menggunakan game engine Unity3D, dengan menerapkan kecerdasan buatan FSM (Finite State
Machine). FSM (Finite State Machine) digunakan pada karakter NPC (Non Playable Character) yaitu karakter yang
digerakan oleh kecerdasan buatan yang digunakan untuk mendukung game tersebut. Seperti karakter Enemy dan Boss
yang menggunakan tiga hal yaitu : Keadaan, Kejadian, dan Aksi.
Dari pengujian yang telah dilakukan hasil dari kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) pada game Adventure
“Trapped Miners” ini karakter NPC (Non Playable Character) dapat mendeteksi keberadaan player untuk menentukan
aksi serangan dari musuh tanpa melibatkan pengguna game, dari hasil pengujian persentase yang di capai yaitu 100%
berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-27