PENGEMBANGAN GAME PETUALANGAN “AGAZZ SI PENDEKAR” DENGAN MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE UNTUK PEMBENTUKAN PERILAKU NON PLAYER CHARACTER

  • Muhammad Agus Hidayat Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Game, Petualangan , Agazz Si Pendekar, FSM, NPC

Abstract

Permainan atau sering disebut dengan Game merupakan suatu sarana hiburan yang diminati dan dimainkan
oleh banyak orang baik dari kalangan anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Game ini terdiri dari game
tradisional merupakan segala bentuk permainan yang telah ada zaman dahulu dan diwariskan secara turun
menurun dari generasi ke generasi. Kulaitas game ditentukan oleh beberapa aspek, baik dari kecerdasan buatan,
konten yang disajikan dan yang lain sebagainya.
Dalam game ini menggunakan game engine adobe flash CS6, dengan menerapkan kecerdasan buatan FSM
(Funite State Machine). FSM (Finite Stare Machine) digunakan pada karakter NPC (Non Playable Character)
yaitu karakter yang digerakan oleh kecerdasan buatan yang digunakan untuk mendukung game tersebut. Seperti
karakter Enemy dan Player yang menggunakan tiga hal yaitu State (Keadaan), event (Keadian) , dan action
Aksi. sebagai metodelogi perancangan pergerakan pada karakter NPC (Non Player Character).
Dari pengujian yang telah dilakukan hasil dan kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) pada game
Petualangan ‘Agazz Si Pendear’ ini karakter NPC (Non Player Character) dapat mendeteksi keberadaan player
untuk menentukan aksi serangan dengan Jarak pixel dari player dan aksi mengejar dengan jarak tertentu dan
player tanpa melibatkan pengguna game, dan hasil pengujian presentase yang dicapai yaitu 100%

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-27