RANCANG BANGUN GAME EDUKASI SI LANA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BUDAYA PULAU JAWA BERBASIS MOBILE

  • Taufiqur Rohman Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Qomaruddin
  • Saffana Assani Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Qomaruddin
  • Layyin Fu’adah Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Qomaruddin
  • Nadia Qathrun Naja Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Qomaruddin
  • Sita Rahmawati Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Qomaruddin
Kata Kunci: kebudayaan, game edukasi, android, construct 2

Abstrak

Banyaknya budaya asing yang masuk melalui berbagai kanal informasi ditambah dengan banyaknya permainan atau game berbasis mobile yang bernuansa budaya asing yang banyak dimainkan oleh anak-anak menjadikan antusias belajar anak terhadap budaya Indonesia semakin menurun. Dibutuhkan upaya untuk melestarikan budaya Indonesia agar budaya Indonesia tetap terjaga kelestariannya. Game edukasi Si Lana merupakan game edukasi berbasis mobile yang berisi tentang pembelajaran kebudayaan di pulau Jawa yang bertujuan untuk menjadi media belajar kebudayaan di pulau Jawa. Game Si Lana dikembangan dengan game engine Construct 2 dengan metode pengembangan perangkat lunak SDLC Model Prototype. Hasil dari penelitian ini ada game edukasi berbasis mobile dengan nama Si Lana yang dapat dimainkan dengan menggunakan smart phone berbasis android.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-02-26