PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME PRIDE OF BATTLE

  • Muhammad Khairul Huda Assya Baani Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Game, FSM, Action Role Playing Games , First Person Shooter Game

Abstract

Game Pride of Battle mengambil subgenre game jenis action role playing video games dan first person
shooter yang dirancang menggunakan Unity Engine 5 dan AI (Artificial Inteligence) pada NPC (Non-Player
Character) musuh menggunakan metode FSM (Finite State Machine). Game shooter adalah subgenre dari action
game, yang biasanya menguji pemainnya dalam bereaksi terhadap sesuati aksi dan kejadian didalam game,
sedangkan action role playing video games permainan tersebut berisikan serangan waktu yang nyata dengan
pemain memiliki kontrol penuh terhadap karakter yang digunakan yang berbasis turn based (berbasis tombol).
FSM merupakan salah satu logika penalaran yang memperlihatkan perilaku sistem dengan berdasarkan tiga
hal, yaitu state (keadaan), event (kejadian), dan action (aksi). Fariabel aksi yang terdapat dalam musuh adalah
idle, mengejar pemain dan menembak pemain. Didalam game Pride of Battle terdapat 3 level dimana masing-
masing level pemain menggunakan karakter game yang berbeda dan menghadapi musuh yang berbeda-beda.
Sedangkan pada masing-masing level pemain juga dituntut untuk menyelesaikan masing-masing misinya sesuai
waktu yang telah ditentukan
Berdasarkan pengujian fungsional, kontrol pemain AI pada NPC dapat bekerja dengan baik dalam
memproses kondisi yang diberikan oleh pemain didalam game. Tombol-tombol pada menu utama dapat
berfungsi dan sound juga FX effect pada game juga berfungsi dengan baik. Dari hasil pengujian yang dilakukan
pada user didapatkan kesimpulan bahwa hasil persentasi pengujian dari 10 user dengan nilai 81,36% dan
dinyatakan sangat menarik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-27