PENERAPAN DATA MINING PADA PENJUALAN PRODUK PAKAIAN DAMEYRA FASHION MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING

  • Iwan Pii STMIK IKMI Cirebon
  • Nana Suarna STMIK IKMI Cirebon
  • Nining Rahaningsih STMIK IKMI Cirebon
Kata Kunci: Data Mining, K-Means Clustering, RapidMiner, Dameyra Fashion

Abstrak

Dameyra Fashion adalah toko online yang menjual produk Pakaian lewat E-Commerce Lazada. Dameyra Fashion berlokasi di Kabupaten Cirebon lebih tepatnya di desa arjawinangun. Metode K-Means Clustering bisa diterapkan pada Toko Dameyra Fashion untuk mengetahui Penjualan Pakaian yang laku dan tidak laku. Permasalahan yang dihadapi oleh toko dameyra fashion yaitu masih belum bisa mengelola persediaan barang. Tujuan tugas akhir ini yaitu untuk mengelompokkan data penjualan dameyra fashion menggunakan metode k-means clustering serta bagaimana Penerapan teknik K-Means Clustering oleh Dameyra Fashion Stores Pada RapidMiner, K-Means Clustering bekerja dengan cara membuat dataset dengan memasukkan data penjualan pakaian dari dameyra yang akan diubah. Setelah itu, penambangan data, pemilihan data, pembersihan data, preprocessing data, dan pengetahuan Temuan dari cluster 2. Maka dapat diketahui penjualan yang laris ada 289 item dan tidak laris ada 9 item. Dengan rincian produk laris yaitu Tunik Polos, Tunik Rempel, Tunik Dzuvia, Tunik Leopard, Kemeja Polos dan yang tidak laris Daster Kaos, Daster Kaos OZ, Daster Kimono, Daster Pretty Girl, Daster Kerah V-Neck, Daster Andin Rayon, Daster Batik, Gamis Crinkle, Gamis Benecia Allana.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-03-14