PENERAPAN METODE FUZZY LOGIC UNTUK PEMBENTUKAN PERILAKU NON PLAYER CHARAKTER PADA GAME PETUALANG FINDING CHIKO

  • Rendy Dimas Hariyanto Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang

Abstract

Permainan atau sering disebut dengan game merupakan media hiburan yang sangat diminati hampir semua
kalangan masyarakat. baik dari kalangan anak-anak, mempun orang dewasa. Kualitas game ditentukan oleh
beberapa aspek baik dari kecerdasan buatan konten yarg disajikan dan lain sebagainya.Perangkat lunak aplikasi
yang digunakan dalam pembuatan pembuatan game ini adalah Adobe Flash CS6 dengan bahasa pemrograman
Action Script 2.0.. Dengan aplikasi Adobe Flash CS6 game yang dibuat dapat dilengkapi dengan bebrapa
macam animasi, audio, interaktif animasi dllsistem operasi yang dibutuhkan untuk menjalankan game ini adalah
sistem operasi windows, dan Flash Player yang sudah terinstal pada laptop/komputer pengguna.
Kecerdasan buatan yang digunakan pada Game ini adalah metode FSM (Finite State Machine pada musuh
biasa sedangkan untuk musuh bos menggunakan Fuzzy Logic. NPC bertugas untuk “berjaga” , “mendekat” ,
“Mengganggu” dan “kabur”. Perancangan strategi gerak NPC menggunakan Finite State Machine dan Fuzzy
logic digunakan untuk menentukan respon NPC terhadap kondisi tertentu dengan cara membandingkan
perhitungan manual dan perilaku yang dihasilkan pada game.dan menggunakan nilai masukan variable
kesehatan NPC dan jarak NPC terhadap pemain.
Berdasarkan pengujian perilaku AI pada Non Player Charakter (NPC) dapat berjalan dengan baik
berdasarkan perpindahan setiap kondisi seperti Walk (berjalan), attack(menyerang), patrol(berjaga) dan die
(mati). Yang dipengaruhi oleh jarak ,darah, serangan pada Non Player Charakter . Dimana Non Player
Charakter dapat mendeteksi keberadaan player

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-27