SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN BERBASIS ANDROID PADA KELURAHAN MUNJUL

  • Sri Nurmala Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Tati Suprapti Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Fadhil muhamad basysyar Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon

Abstrak

Pembangunan administrasi kependudukan sangat penting untuk menjamin hak-hak yang dimiliki setiap warga dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan. Penelitian ini menjelaskan proses pembuatan sistem informasi administrasi kependudukan berbasis android dan hasil uji cobanya.  Metode waterfall adalah metode yang digunakan untuk membangun sistem. Kelurahan Munjul masih mengelola sistem administrasinya secara manual menggunakan Microsoft Office, yang membuatnya belum berjalan dengan baik. Jika persyaratan yang dikumpulkan tidak lengkap, membutuhkan waktu yang lama karena banyaknya formulir. Pada penelitian ini, hanya surat permohonan untuk pelayanan data kependudukan yang terdiri dari surat permohonan untuk membuat KTP, surat permohonan untuk membuat KK, surat kelahiran, surat kematian, dan surat pindah atau datang. Dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi dan wawancara, penelitian ini bertujuan untuk membantu dan mempermudah proses administrasi kependudukan di kantor kelurahan Munjul. Aplikasi ini diuji secara black box menggunakan PHP dan MYSQL.Hasil penelitian adalah sistem informasi administrasi kependudukan berbasis android yang dapat menghasilkan laporan yang efektif dan efisien tentang layanan KTP, kartu keluarga, kelahiran, kematian, dan surat pindah atau datang bagi penduduk dan pegawai kelurahan Munjul, yang diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang muncul di kantor kelurahan Munjul.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-08-24