MEMPREDIKSI KELAYAKAN TALENT ENDORSEMENT PADA CV BABYPINK SKINCARE MENGGUNAKAN METODE NEURAL NETWORK

  • Dewi Mayang Fadilah Program Studi Komputerisasi Akuntansi D3, STMIK IKMI Cirebon
  • Irfan Ali Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak, STMIK IKMI Cirebon
Kata Kunci: kelayakan, endorsement, data mining, algoritma neural network

Abstrak

CV Babypink Skincare adalah salah satu perusahaan yang berada di Kab Cirebon Jawa barat. Babypink Skincare sendiri berdiri sejak tahun 2018 hingga saat ini yang telah beroperasi pada bidang kosmetika. CV Babypink Skincare membentuk sistem penjualan fokus pada via online sehingga lebih fokus terhadap pemasaran produk melalui endorsement. Salah satu masalah yang dihadapi oleh perusahaan ini adalah sulitnya menentukan kriteria kelayakan talent endorsement seperti apa yang cocok dengan produk Babypink Skincare, sehingga dalam melakukan promosi endorsement belum ada nya perubahan untuk meningkatkan penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan talent endorsement terhadap penjualan pada CV Babypink Skincare. Untuk mengatasi permasalahan ini menggunakan data mining dengan metode algoritma neural network. Neural network dapat memprediksi atas informasi yang belum diketahui sebelumnya. Tahapan untuk tugas akhir ini melalui data selection, pre-pocessing, transformation, data mining dan evaluasi. Data yang digunakan untuk tugas akhir ini data endorsement dan data penjualan bulan Juli 2022 – Januari 2023. Harapan nya terhadap hasil penelitian ini bisa menentukan kriteria kelayakan talent endorsement seperti apa yang lebih baik untuk mempromosikan produk Babypink Skincare sehingga bisa meningkatkan lebih untuk penjualan. Neural Network mendapatkan hasil accuracy 93.06% dengan menggunakan 200 nilai training cycles, 0.055 nilai learning rate dan 0.5 nilai momentum.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-03-16