ANALISIS PEMILIHAN VENDOR PLASTIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE VISE KRITERIJUMSKA OPTIMIZACIJA I KOMPOMISN RESENJE (VIKOR) PADA PT AGRONESIA SARIPETOJO BANDUNG
Abstract
Perusahaan merupakan salah satu tempat untuk melakukan kegiatan proses produksi barang dan jasa. Salah satu kegiatan produksi barang yang selalu meningkat setiap tahunnya yaitu es, baik merupakan es kristal, es tabung, dan es balok. PT Agronesia Saripetojo Bandung sebagai perusahaan yang membuat es batu. Jenis-jenis es batu yang dibuat adalah es balok dan es kristal. PT Agronesia Saripetojo Bandung sangat membutuhkan plastik untuk bahan pembantu membungkus es batu. PT Agronesia mengadakan kegiatan lelang terhadap para perusahaan penyedia plastik Ada 4 (empat) perusahaan penyedia plastik yang telah menawarkan diri sebagai vendor plastik yaitu adalah PT Siverplas Pacific, PT Laju Abadi Jaya Mandiri, PT Intech Plast, PT Umj . PT Agronesia Saripetojo Bandung mengalami permasalahan kesulitan untuk menentukan vendor mana yang akan dipilih. Memperhatikan hal-hal diatas, maka metode Vise Kriterijumska Optimizacija I Kompomisn Resenje (VIKOR) tersebut lebih cepat untuk digunakan, mudah dan spesifik, serta dalam pembobotannya langsung dapat tertuju pada nilai bobot dan dapat dilakukan perangkingan. Sehingga diharapkan mendapatkan hasil vendor yang tepat, lebih cepat dan lebih objective sesuai kriteria PT Agronesia Saripetojo Bandung. Dan memiliki hasil bobot kualitas 33,70%, bobot pengiriman 21,80%, bobot harga 21,70% serta bobot pelayanan 22,80%. Vendor yang terpilih adalah PT UMJ dengan indeks VIKOR -1 dan PT Intech Plast dengan indeks VIKOR -0,352.