PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INFORMATIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR 3 DI MTSN 6 AGAM

  • Salma Nofri Yanti Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Zulfani Sesmiarni Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Supratman Zakir Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Liza Efriyanti Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
Kata Kunci: android, informatika, media pembelajaran, smart apps creator 3

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran informatika, di sekolah ada beberapa proyektor yang bisa digunakan oleh guru-guru yang memakai media PowerPoint dalam pembelajarannya, namun dalam penggunaannya masih belum optimal. Dalam pembelajaran Informatika guru menyajikan materi menggunakan media papan tulis, PowerPoint serta menggunakan metode ceramah. Pembelajaran juga berfokus pada guru yang mana peserta didik lebih banyak mendengar dan mencatat. Karena guru dan peserta didik menginginkan adanya media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran informatika. Peneliti memberikan solusi dengan memberikan pendekatan teknologi yaitu menghasilkan Perancangan Media Pembelajaran Informatika Berbasis Android Menggunakan smart apps creator 3. Metode pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah DDD-E terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap decide, design, develop, dan evaluate. Dengan menggunakan perangkat komputer untuk melakukan suatu perancangan, pengujian, dan pengoptimalan produk yang telah dihasilkan. Pada media yang dihasilkan dilakukan uji validitas, praktikalitas, dan efektifitas produk menggunakan angket yang ditujukan kepada ahli media, guru dan peserta didik. Hasil uji produk yang diperoleh uji validitas dari 3 orang validator diperoleh nilai 0,86 dengan kategori sangat valid, uji praktikalitas dari 2 orang praktikalator diperoleh nilai 0,95 dengan kategori sangat tinggi, dan uji efektivitas dari 31 orang penilai diperoleh nilai 0,88 dengan kategori sangat efektiv

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-03-27